BAB 5
PENGELOLAAN PRODUK DAN PENGEMBANGAN PRODUK BARU
ARTI PRODUK BAGI KONSUMEN
Konsep Produksi
adalah   anggapan pemasar yang berorientasi kepada proses produksi ( internal )   bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah. Dengan   demikian fokus kegiatan  perusahaan yang harus dilakukan adalah efisien I   biaya ( produksi dan distribusi) agar dapat menjal barang dengan murah   kepada konsumen.
Konsep Produk
adalah   anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang   berkualitas atau berpenampilan baik. Dengan demikian tujuan bisnis   perusahaan adalah pengendalian kualitas.
Konsep Penjualan 
Adalah   anggapan pemasar yang berorientasi kepadda tingkat penjualan (  internal  ) bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat  meningkat  sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan.  Dengan  demikian fokus kegiatan perusahaan adalah usaha-usaha  meningkatkan  cara-cara penjualan dan kegiatan  promosi yang intensif  agar mampu  mempengaruhi, membujuk ( bahkan mungkin memaksa) Konsumen   untuk membeli  sehingga penjualan dapat meningkat.
Konsep Pemasaran 
adalah   anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan ( eksternal )  bahwa  konsumen hanya akan bersedia membeli produk- produk yang mampu  memenuhi  kebutuhan dan memberikan kepuasan. Dengan demikian fokus  kegiatan  perusaan adalah berusaha memenuhi kepuasan pelanggan melalui  pemahaman  perilakukonsumen yang dijabarkan dalam kegiatan pemasaran  yang memadukan  kegiatan-kegiatan fungsional lain (misalnya kegiatan  produksi keuangan  pernalia dan sebagainya).
Konsep pemasaran yang memasyarakat (sosial)
adalah   anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk-produk   yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan sosial   konsumen. Tujuan kegiatan perusahaan adalah disamping berusaha memenuhi   kebutuhan masyarakat juga memperbaiki relasi antara produsen dan   masyarakatuntuk peningkatan kesejahteraaannya.
Konsep Pasar
adalah   anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan  pesaing-pesaing  perusahaan (pesaing pasar) bahwa produsen perlu  mempunyai keunggulan  pasar yang bersaing (kompetitif) untuk dapat  memenuhi dan memuaskan  pelanggan. Fokus kegiatan perusahaan adalah  disampingberusaha memahami  perilaku konsumen dan juga berusaha memahami  perilaku pesaing untuk  dapat mengatasi persaingan. 
 
PENDEKATAN - PENDEKATAN UNTUK MENGGOLONGKAN PRODUK
Salah   satu strategi untuk menentukan jadwal produksi adalah membuat   penggolongan produk. Pada umumnya penggolongan produk dibagi 3, yaitu:
- Fast moving
 - Medium moving
 - Slow moving
 
Misalnya rata-rata hasil produksi produk X dalam 6 bulan terakhir adalah 2.000 pcs, produk Y 500 pcs dan produk Z 50 pcs. Dari angka tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa produk X (fast), produk Y (medium) dan produk Z (slow).
Setelah penggolongan tersebut, maka langkah selanjutnya adalah mengurutkan ketersediaan stok ketiga produk tersebut di gudang in proses atau gudang finish good. Produk yang menjadi prioritas produksi adalah yang kuantitas stok dibawah buffer stok yang telah ditetapkan.
Namun demikian jika buffer stok produk x, y dan z sama-sama berada di bawah jumlah buffer yang ditetapkan, kita sebaiknya mendahulukan produk x karena produk tersebut termasuk fast moving.
STRATEGI PEMASARAN PRODUK KONSUMEN DAN PRODUK INDUSTRIAL
Lima konsep dasar pengembangan strategi pemasaran 
1.      Segmentasi pasar
Adapun syarat segmentasi pasar yang efektif :
-          Dapat Diukur ( measurability)
-          Dapat dimasuki ( accessibility)
-          Cukup besar ( substanstiality)
-          Dapat dibedakan ( differentiability)
-          Dapat ditindak-lanjuti ( actionability )
2.      Postioning Pasar 
Memilih pola konsentrasi pasar khusus, yang member peluang maksimum untuk mencapai tujuan
-          Strategi concentratet Marketing
posisi kuat pada satu segmen
-          Strategi Differentiated Marketing
Posisi kuat pada beberapa segmen
3.      Strategi Memasuki Pasar
Metode menjangkau segmen pasar sasaran 
-          Membeli Perusahaan lain yang sudah jalan 
-          Berkembang sendiri
-          Kerjasama dengan perusahaan lain
4.      Strategi penentuan waktu
Penentuan   waktu yang tepat ( timing) untuk melaksanakan program pemasarannya   sangat penting bagi perusahaan,tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.
5.      Strategi bauran pemasar
Bagaimana menetapkan bentuk penawaran pada segmen tertentu mencakup :
-          Kebijakan Produk
-          Kebijakan harga
-          Kebijakan distribusi
-          Kebijakan promosi
   
PENGERTIAN PRODUK BARU
produk baru  merupakan  barang dan jasa yang pada  dasarnya berbeda dari yang telah  dipasarkan  sebelumnya oleh perusahaan.  Pengembangan produk baru (new product development)   adalah  proses pencarian gagasan untuk barang dan jasa baru dan    mengkonversikannya ke dalam tambahan lini produk  yang berhasil secara    komersial. 
Produk baru mencakup dari produk baru di dunia (new-to-the-world products)    yang menciptakan pasar yang baru, pengembangan minor pada produk,    maupun revisi pada produk yang ada (Kotler, 2009). Booz, Allen &    Hamilton dalam Kotler (2000) mengidentifikasi bahwa terdapat enam    kategori produk baru, yaitu:
(1) produk baru dengan penciptaan pasar yang baru (new to the world products),
(2) produk baru dengan pertama kali memasuki pasar yang sudah ada untuk produk semacam (new product lines),
(3) produk baru hasil modifikasi produk lama (additions to existing product lines),
(4) produk baru untuk menggantikan produk yang ada untuk meningkatkan kinerja dan nilai (improvements and revisions to existing products),
(5) produk yang ada yang ditargetkan untuk pasar baru atau segmen baru (repositionings),
(6) produk baru dengan harga lebih rendah (cost reductions).
PENGENDALIAN PENGEMBANGAN PRODUK
Bauran produk adalah rangkaian semua produk dan unit produk yang ditawarkan suatu penjual tertentu pada pembeli.
Ada empat dimenasi bauran produk untuk mendifinisikan strategi produk perusahaan :
1.        Lebar : sampai dimana lini produk utamanya. Dalam hal ini produk  perawatan rambut, perawatan kesehatan, minuman ringan dsb.
2.       Panjang :  sampai dimana kita dapat menghitung panjang rata-rata suatu lini.
 
SUMBER
http://fabyola-andarina.blogspot.com/2011/11/pengelolaan-produk-dan-pengembangan.htm
http://www.google.co.id
http://www.google.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar